Agen ICP Capsule herbal Agen resmi penjualan ICP Capsule ke seluruh wilayah Indonesia melalui transaksi secara Online

Tipe-tipe penyakit Diabetes

Tipe-tipe penyakit Diabetes

Pengertian penyakit diabetes

Penyakit diabetes atau dikenal juga dengan istilah penyakit kencing manis merupakan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada fungsi prankeas sebagai penghasil insulin yang nantinya akan mengubah glukosa dalam tubuh menjadi energi.Dalam proses pencernaan semua makanan yang dikonsumsi nantinya akan diurai menjadi elemen dasar dari makanan itu,begitu halnya dengan gula yang akan diurai menjadi glukosa (gula sederhana).Dalam kondisi seseorang yang menderita diabetes glukosa ini tidak diubah sepenuhnya menjadi energi sehingga terjadi penumpukan darah dalam darah.

Tipe-tipe penyakit diabetes

Penyakit Diabetes dibagi menjadi 2 macam berdasarkan penyebabnya yaitu:
  1. Diabetes yang didasarkan Insulin

Penyakit diabetes ini diakibatkan fungsi prankeas yang yang tak dapat menghasilkan insulin sehingga terjadi penimbunan gula pada aliran darah.Ada beberapa faktor penyebab prankeas mengalami kerusakan fungsi sehingga tak mampu menghasilkan cukup insulin bagi tubuh,yaitu diantaranya:
  • Faktor keturunan atau genetika
Ketika salah satu keturunan kita misalnya ayah mengidap penyakit diabetes maka resiko mengidap penyakit diabetes lebih besar dibanding mereka yang tidak memiliki riwayat keturunan yang mengidap penyakit diabetes.
  • Autoimunitas
Autoimunitas merupakan keadaan tubuh seseorang yang mengalami alergi terhadap salah satu jaringan atau sel tubuhnya sendiri dan dalam kasus penderita diabetes alergi terjadi pada sel yang terdapat dalam organ prankeas.Tubuh mengalami kerusakan sistem imun tubuh (kekebalan tubuh) sehingga sangat sulit untuk menghasilkan insulin yang cukup bagi tubuh.Ketika sistem kekebalan tubuh mengalami banyak kerusakan maka resiko penyakit diabetes akan lebih besar. 
  • Adanya virus yang menyerang sel prankeas
Virus yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada kelompok-kelompok sel dalam prankeas.Jika virus ini telah menghancurkan begitu banyak sel dalam prankeas resiko mengidap penyakit diabetes sudah tinggi.
Diabetes tipe ini banyak diderita oleh mereka yang berusia dibawah 30 tahun sehingga banyak orang yang mengistilahkan diabetes tipe ini dengan diabetes anak-anak.Faktor utama dari diabetes ini jelaskan karena gagalnya fungsi prankeas untuk menghasilkan cukup insulin sehingga para penderita diabetes tipe ini disarankan untuk melakukan perbaikan pada sistem fungsi dari prankeas tersebut.

2.Diabetes yang tidak didasarkan Insulin

Diabetes ini dsebabkan karena jumlah insulin dalam tubuh tidak mencukupi untuk memproses kadar gula dalam darah menjadi energi.Penyebab penurunan jumlah insulin ini bukan dikarenakan adanya masalah pada fungsi prankeas akan tetapi insulin dihisap oleh sel-sel lemak dalam tubuh.
Penyakit diabetes ini banyak diderita oleh mereka yang berusia 30 tahun ke atas,yang menjadi penyebab utama diabetes tipe ini sebenarnya adalah pola hidup dan makan yang kurang sehat.
Berikut beberapa faktor penyebab penyakit diabetes tipe 2 adalah:
  • Faktor keturunan atau genetika
Keturunan menjadi salah satu faktor utama penyebab seseorang mengidap penyakit diabetes.Riwayat keluarga yang salah satunya memiliki riwayat penyakit ini retan terserang resiko mengidap penyakit ini.
  • Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh
Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh menjadi faktor penyakit ini,kadar kolesterol yang tingggi dalam tubuh mampu menghisap insulin yang dihasilkan prankeas sehingga terjadi penumpukan kadar gula dalam darah.
  • Jarang berolahraga 
Olahraga tak hanya mampu melawan resiko penyakit diabetes semua jenis penyakit bisa dilawan dengan kebiasaan rajin berolahraga.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
Kelebihan berat atau Obesitas bisa memicu berbagai jenis penyakit salah satunya adalah diabetes.Orang yang mengalami obesitas biasanya dikarenakan pola hidup yang kurang sehat seperti seringnya mengkonsumsi makanan cepat saji yang menyebabkan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.Kolesterol dalam tubuh  yang tinggi menjadi pemicu penyakit diabetes.
Untuk proses penyembuhan diabetes tipe 2 dengan mengembalikan fungsi prankeas kembali normal sehingga jumlah insulin yang dihasilkan bisa bertambah selain itu bisa juga dengan mulai pola hidup kurang sehat menjadi pola hidup yang lebih sehat.
 
Demikian informasi mengenai tipe-tipe penyakit diabetes,semoga bermamfaat dan bisa menambah wawasan kita akan kesehatan.Tetaplah jaga kesehatan Anda karena sehat itu mahal,mencegah lebih baik dibanding mengobati.

Tipe-tipe penyakit Diabetes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar